METODE UNTUK MENGATASI SCALING PADA SISTEM REVERSE OSMOSIS (RO)

            Banyak penelitian telah difokuskan untuk mencari cara yang paling efektif dan efisien untuk mencegah dan meminimalisasi terjadinya proses scaling, mengingat mekanisme dan proses scaling ini sangat kompleks dan bergantung pada jenis air umpan dan membran yang digunakan. Beberapa penelitian tentang antiscalant antara lain perbandingan 5 jenis antiscalant pada umpan yang memiliki nilai Langelier Saturation Index (LSI) 2,2-2,6  Zn2+ sebagai penghambat scaling dan perbandingan 4 jenis antiscalant pada umpan yang mengandung CaCO3 pada kisaran LSI 0,4-1,7. Beberapa metode yang selama ini telah diterapkan untuk mengatasi permasalahan scaling di industri antara lain pretreatment air umpan, pengaturan kondisi proses, dan cleaning.
1.Pretreatment air umpan
            Metode pretreatment air umpan meliputi: treatment temperatur, pengaturan pH, penambahan complexing agent (EDTA, dll), klorinasi, adsorpsi dengan karbon aktif, klarifikasi, dll. Penambahan antiscalant merupakan salah satu dari bentuk pretreatment air umpan. Cara kerja antiscalant dalam mencegah terjadinya proses scaling adalah dengan menginterfensi proses pembentukan kristal saat fase pertumbuhan kristal.
§  Threshold Effect: menjadi inhibitor yang dapat mencegah presipitasi garam yang kelarutannya telah melampaui hasil kali kelarutannya (Ksp);
§  Crystal Distortion Effect: menginterfensi pembentukan kristal sehingga bentuk dan struktur kristal tidak beraturan sehingga menurunkan kemampuannya untuk membentuk kerak (scale);
§  Dispersancy: membentuk selaput bermuatan disekeliling kristal sehingga kristal saling menolak satu sama lain untuk bergabung.
2. Kondisi proses Scaling dapat diminimalisasi apabila polarisasi konsentrasi menurun.       Polarisasi konsentrasi dapat diturunkan dengan cara meningkatkan koefisien perpindahan massa dan menurunkan fluks membran.
3. Cleaning
            Cleaning merupakan proses yang paling praktis yang digunakan untuk mereduksi scaling. Terdapat beberapa metode cleaning antara lain: hydraulic cleaning, meliputi:, backward flushing yang biasa digunakan pada sistem membran mikrofiltrasi dan ultrafiltrasi, mengubah tekanan dan arah aliran pada frekuensi tertentu, air flushing yang menggunakan campuran air dan udara, vibrating membrane dan forward flushing (autoflush). Metode yang akan diterapkan pada penelitian kali ini, yaitu autoflush juga termasuk metode hydraulic cleaning. Selain hydraulic cleaning, metode mechanical cleaning, merupakan metode yang hanya dapat digunakan pada sistem tubular dengan menggunakan oversized sponge balls.
            Chemical cleaning adalah metode cleaning yang paling banyak digunakan untuk meminimalisasi scaling dihampir semua industri yang menggunakan membran. Poin penting dalam mengaplikasikan metode ini adalah pemilihan bahan kimia yang akan digunakan dan waktu cleaning itu sendiri. Beberapa bahan kimia yang biasa digunakan adalah sebagai berikut: asam seperti asam kuat H3PO4 atau asam lemah asam sitrat, basa seperti NaOH, detergen, complexing agent seperti EDTA, polyacrylates, dll. Electric Cleaning adalah metode yang sangat spesial.
            Cara kerjanya yaitu menambahkan bidang listrik pada membran sehingga partikel yang semula menempel pada membran akan berpindah ke bidang listrik tersebut. Metode ini dapat dilakukan tanpa menghentikan proses membran. Kelemahan dari metode ini adalah kebutuhan akan membran khusus dan module khusus yang dilengkapi elektroda.


NB : 


jual membran ro 2000 gpd
jual membran ro di surabaya
jual membran ro 400 gpd
jual membran ro murah
jual membran ro surabaya
jual membran ro csm
jual membran ro bandung
jual membrane ro
harga membran ro
harga membran ro 2000 gpd
jual membran ro
harga membran air ro
harga membran ro csm
harga membran ro filmtec
jual membran filter ro
harga membran filter ro
harga membran ro 100 gpd
harga membran ro 1000 gpd
harga membran ro 50 gpd
harga membran ro 200 gpd
harga membran ro 400 gpd
harga membran ro 4000 gpd
jual housing membran ro
harga membran ro luso
harga membran ro murah
harga membran mesin ro
harga membran ro 4040

harga membran ro 2000gpd
harga membran reverse osmosis dunia